Sabtu, Februari 09, 2008

Stop Global Warming from small things [2]

Dewasa ini, peradaban manusia mulai mencari tahu kenapa bumi menjadi semakin hangat, iklim semakin tidak menentu, semakin polusi, kekurangan air bersih, semakin banyak bencana alam misalnya semakin kuatnya badai, adanya badai twister mendekati daerah tropis padahal sebelumnya badai twister hanya ada di daerah subtopis, adanya longsor, banjir.
Akhirnya sampailah pada suatu tahap dimana manusia mengetahui bahwa itu karena global warming. Dan yang menjadi perhatian utama ialah pabrik2 yang menghasilkan emisi paling besar. Dan datanglah saatnya para manusia menyalah-nyalahkan pabrik2, dianggap sebagai sumber penyebab utama.
Apakah itu benar ????
Tanyakanlah kepada diri sendiri????
Yakinkah anda????

Sebenarnya itu benar. Tetapi tunggu dulu. Jangan terlalu cepat ambil kesimpulan

Sebenarnya kita sebagai manusia bisa hidup dengan lebih baik dikarenakan ada teknologi2 yang sedang dijalankan pabrik2 tersebut misalnya makanan, pakaian, penanak nasi, bahan utk bangun rumah, hp, komputer, kendaraan, air minum, pupuk, teh, kopi, pewarna, lipstick, parfum, kasur,minyak goreng dan lain-lain. Sebenarnya hampir semua yang kita gunakan merupakan hasil teknologi tersebut, tanpa teknologi tersebut, manusia dengan populasi yang sgt besar sekarang ini tidak mungkin bisa bertahan.

Semua teknologi di atas pasti menghasilkan limbah antara lain limbah padat, cair, gas.

Bagaimanakah cara kita mengurangi kerusakan bumi???

Memang dengan melakukan penelitian yang terus berlanjut akan menghasilkan sebuah teknologi yang lebih mutakhir yang menghasilkan sgt sedikit limbah (atau limbah tersebut dapat diolah menjadi sesuatu yang berguna), yang menghasilkan produk yang ramah lingkungan, yang menggunakan energi yang sedikit dalam proses produksi, yang effisiensi yang tinggi, dan lain sebagainya. Ini merupakan solusi yang dari dulu semua manusia harapkan, bahkan manusia mengharapkan energi yang tak pernah habis. Memang benar dari dulu energi tidak pernah habis, tetapi masalahnya energi yang bisa digunakan hanya energi yang berkualitas baik. Setelah energi digunakan maka energi akan berubah dari kualitas tinggi menjadi rendah.

Dari semua basa-basi yang rumit di atas, dapat disimpulkan bahwa energi suatu saat akan habis (bahasa awam). Oleh karena itu, alangkah bijaknya manusia menggunakan segala sesuatu di bumi ini jika hanya diperlukan.

RUMUS :

BENCANA --> KERUSAKAN ALAM
KERUSAKAN ALAM --> PENCEMARAN ALAM
PENCEMARAN ALAM --> LIMBAH
LIMBAH --> PABRIK
PABRIK --> MANUSIA

dapat di rumuskan rumus singkat bahwa :

BENCANA ada karena MANUSIA yang hidup dengan berlebihan sehingga menyebabkan kerusakan.

JADILAH MANUSIA yg HEMAT dalam PENGGUNAAN ENERGI dalam BENTUK APAPUN

Tidak ada komentar: